28
Jun
07

Wanita Karir Jauh Lebih Sehat

Jika selama ini ada anggapan yang menyebutkan wanita karir susah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga ada baiknya mulai berpikir lagi. Ilmuwan di Inggris menyebutkan berkutat dengan karir, menjadi istri sekaligus ibu akan membuat wanita tetap sehat.Dalam sebuah penelitian terhadap wanita Inggris yang lahir pada 1946, ilmuwan menemukan mereka yang memiliki sejumlah peran, seperti sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga, atau menjadi single parent sambil bekerja cenderung memiliki kondisi kesehatan yang jauh lebih baik dibanding mereka yang melulu hanya sebagai ibu rumah tangga.

Wanita yang memiliki satu peran saja dalam kehidupannya misalnya hanya menjadi ibu rumah tangga atau wanita berkerja yang tetap melajang umumnya mengalami penurunan kondisi kesehatan yang cukup nyata setelah mencapai usia paruh baya.

“Dalam laporan tersebut tertulis wanita yang memiliki dua atau lebih peran dalam kurun waktu yang cukup lama memiliki kondisi kesehatannya tetap baik pada saat ia mencapai usia 54 tahun,” kata Dr Anne McMunn dari University College, London.

“Wanita karir cenderung memiliki kondisi kesehatan yang umumnya baik karena mereka mengkombinasikan karir dan keluarga dalam menjalani kehidupan,” tambah McMunn.

McMunn dan tim menganalisa laporan kesehatan dari 2000 wanita dalam kisaran usia 26 hingga 54 tahun serta kaitan dengan berat badan. Selain juga melibatkan informasi mengenai status pernikahan, masa kerja serta jumlah anak-anak yang mereka miliki, yang semuanya dimuat dalam jurnal Epidemiology dan Community Health.

Para peneliti menemukan wanita yang hanya melakukan peran sebagai ibu rumah tangga sebagian besar dari hidupnya memiliki kondisi kesehatan yang jauh dari standar sehat, diikuti oleh ibu yang hanya berperan sebagai orang tua tunggal dan yang terakhir adalah mereka yang tidak memiliki anak atau tetap melajang.

Ibu rumah tangga cenderung memiliki kelebihan berat badan lebih cepat dengan tingkat obesitas rata-rata yang paling tinggi sekitar 38 persen, sementara wanita yang berperan sebagai istri, ibu dan berkarir sedikit sekali yang mengalami kelebihan berat badan.

McMunn mengatakan sebenarnya telah diketahui cukup lama bahwa wanita yang menggabungkan beberapa peran dalam hidupnya yaitu karir dan bekeluarga memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun masih belum jelas apakah mereka bekerja dan bekeluarga karena sehat atau mereka sehat karena menggabungkan peran sebagai istri, ibu dan sekaligus berkarir. Dan studi ini adalah yang pertama dan masih akan terus berlanjut untuk mengetahui yang mana lebih berperan.

“Bisa jadi ada keuntungan atau manfaat besar yang diberikan bagi kesehatan untuk jangka waktu panjang dengan kemampuan berperan di berbagai bidang dalam kehidupan bermasyarakat,” jelas McMunn.


0 Responses to “Wanita Karir Jauh Lebih Sehat”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: